Foto untuk : MEMILIH FURNITURE RUANGAN KELUARGA

MEMILIH FURNITURE RUANGAN KELUARGA

Percaya atau tidak, kenyamanan berkumpul di ruang keluarga salah satunya di tentukan oleh furniture yang tepat, terutama tempat duduk.

 
Sampai saat ini, ruang keluarga masih menjadi tempat favorit untuk berkumpul anggota keluarga. Ruang ini akan digunakan untuk melakukan beragam aktivitas, mengobrol santai, menikmati secangkir teh, menonton televisi/ film, Menikmasti kebersamaan atau bermain game.
 
 
Untuk mendukung beragam aktivitas diatas, ruang keluarga yang nyaman adalah hal yang mutlak diperlukan. Salah satu yang menentukan kenyamanan di ruang keluarga adalah furniture nya. "Pemilihan furniture yang tepat dapat membuat keluarga kian betah dan berlama - lama berkumpul bersama. Tentunya, ini menjadi alat yang baik untuk menjaga keharmonisan antara anggota keluarga itu sendiri", 
Karena banyak kegiatan di ruang keluarga yang membutuhkan tempat duduk, maka furniture ini jadi penentu kenyamanan. Namun ada ny furniture lain nya yang harus diperhatikan. Apa saja mereka ? Mari simak ulasan berikut.
 
Credenza

 

 
 
Di ruang keluarga, credenza sering berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan pigura foto, pernak pernik, televisi, dan perangkat audio lainnya.
 
Desain, ukuran dan material credenza cukup beragam. Ada desain bergaya klasik , ada juga yang simpel. Begitu juga dengan ukuran nya, ada yang kecil, sedang dan yang besar.
Panjang credenza dapat disesuaikan dengan luas ruang dan kebutuhan. Namun standar ukuran tinggi credenza 70-80 cm dengan lebar 60 cm.
 
Umum nya credenza terbuat dari material kayu solid atau multipleks. Material ini jarang menggunakan kayu olahan, karena dikhawatirkan tidak mampu menahan beban berat.
 
Tempat Duduk
 
Kenyamanan duduk termasuk prioritas utama saat berkumpul bersama keluarga. Karena itu, tempat duduk harus benar - benar di pilih yang nyaman. Di ruang keluarga, kebanyakkan orang lebih memilih menggunakan sofa ketimbang kursi kayu karena di nilai lebih nyaman dan informal.
 
Yang perlu diperhatikan saat memilih sofa adalah bahan pelapis sofa dan rangka nya. Untuk rangka, Anda dapat memilih rangka kayu atau aluminium yang tahan karat. Jenis kayu yang sering digunakan biasa nya kayu bangkirai, kamper atau jati. Sedangkan bahan pelapis nya antara lain suede, chennile, katun dan kulit sintetis.
 
"Sofa bahan kulit pemeliharaan nya cukup mahal dan memakan waktu. Sofa ini hanya cocok digunakan diruangan besar dan ber Ac. Sofa bahan kain, terasa lebih dingin dibandingkan dengan sofa berbahan kulit jika didalam ruangan yang lebih panas. Hanya, Anda harus berhati - hati karena sofa ini menyimpan  banyak debu. Sementara kulit sintetis cukup mudah dirawat dan nyaman digunakan, tetapi banyak yang palsu di pasaran".
 
Sementara untuk ukuran, walau di buat custom, jangan sampai membuat sofa yang sangat kecil. Sisi kenyamanan harus tetap diperhatikan. Ukuran ideal ny adalah 60 cm x 60 cm x 40 cm, belum termasuk pegangan dan sandaran.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Panel
 
Panel termasuk furniture yang selalu hadir di ruang keluarga. Desainnya pun sangat beragam. Materialnya juga tak terbatas, bisa terdiri dari satu material atau beberapa material yang dipadukan, misal nya dipadukan antara kayu dan cermin, atau antara kayu dan steanless steel. Ukuran nya pun sangat flexibel, tergantung keinginan dan luas ruangan.
 

 

 

 

 

 

 

 
 
Yang perlu diperhatikan adalah, Anda harus tetap membuat rangka, jangan sampai multipleks ditempel langsung ke dinding. Tujuannya adalah untuk menghindari kelembapan dinding, yang berpotensi merusak kayu. Untuk rangka, cukup menggunakan besi hollow ukuran 2 cm x 4 cm, sementara badan panelnya dapat menggunakan material kayu solid atau kayu olahan 3 cm. Sementara untuk penggunaan material cermin, Anda harus tetap menempelkan nya lebih dulu ke kayu. Tebal cermin minimal 5 cm.
 
 
 
 
Jika Anda ingin mengkolaborasikan panel dengan rak pajang, Anda harus memperkuat rangka agar panel mampu menahan beban. Untuk material panelnya pun, minimal menggunakan multipleks, lebih baik lagi kayu solid sehingga kuat menahan beban, dan rak dapat menempel sempurna ke dinding panel.
 
 
Meja Pendek
 

 

 
 
Walaupun pengaruh nya tidak sebesar sofa, desain meja untuk ruang keluarga juga menentukan kenyamanan. Saat ini desain meja sangat beragam. Namun, jika dilihat bentuk dasarnya, meja untuk ruang keluarga dibagi dalam 3 kategori, yaitu berbentuk bulat, kotak dan persegi panjang. "Meja kotak dan bulat sebaiknya digunakan untuk ruangan yang kotak juga, sementara untuk persegi panjang dapat diletakkan di ruang bentuk apapun"
 
 
Ukuran meja yang sangat flexibel, tergantung kebutuhan. Namun, standar kenyamanan untuk meja berbentuk kotak adalah 60 cm x 60 cm x 45 cm, meja berbentuk persegi panjang ukurannya 60 cm x 90 cm x 45 cm, sementara meja bulat sebaiknya diameter 60 cm x tinggi 45 cm
 
 
 

 

Materialnya pun tidak terbatas, untuk rangka meja, Anda dapat menggunakan kayu solid, multipleks, kayu, besi, aluminium, dan bahan sejenis plastik. Khusus untuk kaca dan bahan plastik, minimal ketebalannya 1 cm. Sementara untuk kayu dan multipleks, ketebalan minimal 3 cm. Untuk badan meja, Anda dapat menggunakan material diatas, plus material kayu olahan seperti blackboard, MDF, HDF dan teakboard.
 

Untuk Jasa Interior Desain dapat Menghubungi

Hakim

www.rumah-strategis.com

www.kimuragallery.blogspot.com

 

Interior Pekanbaru

Hakim1480@gmail.com

Rumahstrategis2@gmail.com

Instagram : @Official_Rumahstrategis

 

Showroom : Jl. D.I Panjaitan / Yos Sudarso No. 2H

 

PIN BB : 5CE29951

Whatsapp : 0813-1003-3506

We Chat : KimuraGallery

Line : KimuraGallery

 

Konsultasi


(Masukkan 6 kode diatas)